FORUM VESPA MAKER


 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
August 2018
MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
CalendarCalendar
Latest topics
» tulung...vespa saya punya be2rapa problem..!!!
Wed 15 Aug 2018, 1:29 pm by Ahmad hanif

» Karburator PX 20/20 di STRADA '87 ga bs di irit in?
Wed 15 Aug 2018, 10:33 am by Ahmad hanif

» BUSI SELALU MATI
Wed 15 Aug 2018, 10:19 am by Ahmad hanif

» Gmn biar my scooter larinya kenceng...
Wed 15 Aug 2018, 9:43 am by Ahmad hanif

» Salam Kenal dari bekasi
Wed 15 Aug 2018, 9:17 am by Ahmad hanif

» masalah vespa ane
Wed 25 Jul 2018, 6:48 pm by Ahmad hanif

» spuyer karbu excel 20-20
Tue 24 Jul 2018, 5:27 am by Ahmad hanif

» ditarik kopling tetep jalan
Mon 23 Jul 2018, 8:25 pm by Ahmad hanif

» kopling bunyi ngorosok saat di lepas
Mon 23 Jul 2018, 8:20 pm by Ahmad hanif

Pesan Singkat
Forum

Share | 
 

 Bagaimana Keberadaan Vespa Di Mata Undang-Undang NO 22 Tahun 2009

Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2
PengirimMessage
RidwanVespaholic

avatar

Jumlah posting : 89
Join date : 15.12.09
Age : 32
Lokasi : Jln.Purwakarta 169 Antapani Bandung 40291

PostSubyek: Bagaimana Keberadaan Vespa Di Mata Undang-Undang NO 22 Tahun 2009   Thu 17 Dec 2009, 7:56 pm

First topic message reminder :

1.
Peraturang undang-undang No.22 tahun 2009 sudah disahkan. Merujuk kepada tanggal pengesahan, dan
diundangkannya undang-undang ini pada tanggal 22 Juni 2009. Maka dapat di nyatakan undang-undang ini sudah
sah berlaku dan undang-undang lalu lintas No.14 Tahun 1992, dinyatakan sudah tidak berlaku.

Namun pada pelaksanaannya, Pada BAB XXII KETENTUAN PENUTUP. mengatur :
pada pasal 320 : bahwa undang-undang ini harus dilaksanakan maksimal 1 tahun dari tanggal pengesahan.
Bisa di katakan ini merupakan sebuah penundaan. pelaksanaan undang-undang, dengan tujuan sosialisasi terhadap
seluruh masyarakat lalu-lintas.
Selama masa penundaan ini. Pasal 324,325, dan 326 merupakan urutan kesinambungan dalam tahapan pelaksanaannya.
Sehingga dapat di artikan Undang-undang ini berlaku sah pada tanggal 22 Juni 2009, namun tanggal dimulai pelaksanaannya
adalah maksimum 22 Juni 2010. Selama jangka waktu tersebut Undang-undang No.14 tahun 1992 tetap berlaku,
selama tidak bertentangan dengan isi dari undang-undang no.22 tahun 2009.
2.
Pada bab 1. ketentuan umum: poin 8. memposisikan Vespa sebagai kendaraan bermotor. dan pada poin 20 menegaskan
bahwa kendaraan vespa termasuk sepeda motor.
lalu bagaimana kah dengan sespan? pasal 20 pun menjelaskan bahwa sespan termasuk sepeda motor.
Untuk vespa modifikasi extreem, seperti yang teman2 ketahui, lebih tegas kepada kendaraan bermotor.
3.
Bab VII. Kendaraan. Bagian kedua. Persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan bermotor.
tampaknya harus menjadi perhatian bagi seluruh pengguna vespa.
Pasal 48 Ayat (1), mewajibkan bahwa vespa kita harus memenuhi segala persyaratan teknis untuk di nyatakan laik jalan/boleh
berada di jalanan.
pada pasal 48 ayat ( 2 ), urutan persyaratan teknis pada lembar penjelasan, bahwa kendaraan yang memenuhi persyaratan teknis
diantaranya :
penjelasan pasal 48 ayat (2 ) point i : sistem lampu dan alat pemantul cahaya.
no.3. Lampu penunjuk arah, warna kuning tua dengan sinar kelap-kelip.
Bagaimana dengan varian vespa 80an kebawah, kondisi vespa tersebut tidak di buat dengan menggunakan lampu penunjuk arah.
Atau lampu sign.
penjelasan pasal 48 ayat (2 ) point j : Komponen pendukung.
no.1,2,4 dan 5.
Speedometer,Spion,Klakson,
dan spakbor. pada awalnya seluruh komponen ini ada di varian vespa
( mungkin untuk beberapa varian tertentu tidak tersedia ). Kita lebih menitik beratkan pada keberadaan speedometer.
mampukah kita melengkapi nya?

Kemudian pada pasal 48 ayat ( 3 ), lebih di tegaskan kembali :
Persyaratan laik jalan ditentukan oleh kinerja minimal kendaraan bermotor dengan mengacu pada sekurang-kurangnya:
poin a. emisi gas buang. Vespa merupakan kendaraan 2 tak , bagaimanakah standarisasi emisi gas buang, yang harus di penuhi vespa?
poin b. Kebisingan suara. Berapakah tingkat decibel kebisingan dari vespa kita ?
poin c. efisiensi rem utama. Vespa kita memiliki sistem pengereman yang minimum, dengan penggunaan teromol.
poin f. suara klakson. mampukah kita membuat pengguna jalan lain mengetahui keberadaan vespa dari isyarat klakson yang di berikan.
poin g. daya pancar dan arah sinar lampu utama. bagaimana dengan kualitas lampu penerangan jalan yang di miliki vespa?
poin i. akurasi alat penunjuk kecepatan. bila speedometer kita berfungsi, apakah mampu memberikan informasi kecepatan tempuh, sesuai dengan kondisinya.
banyak banget yak? sukur2 ada yang mau bantu review undang2….. ini.

Positive thinking. Undang-undang ini dibuat untuk sesuatu yang baik, lebih kurang untuk keselamatan bersama.
Dan diharapkan tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang berkompeten untuk itu.

Kita sebagai anggota masyarakat, pada umumnya dan anggota masyarakat lalu-lintas pada khususnya.
Tidakkah kita perlu menyuarakan apa yang ada dibenak ini? Kita pengguna vespa, ingin agar tetap vespa kita tetap berada dijalan.
seperti layaknya kendaraan lainnya. Apa yang kita bisa perbuat untuk itu?

Pada BAB XXII. KETENTUAN PENUTUP. Pasal 321. Forum lalu Lintas dan angkutan jalan perlu dibentuk.
Selama tenggat waktu pelaksanaan. Sehingga pada saat pelaksanaaan nanti sudah ada forum atau lembaga yang dapat
mewakili masyarakat pengguna lalu lintas.
Seperti pada yang di jelaskan pada lembar penjelasan.
“Forum lalu Lintas dan Angkutan jalan tersebut merupakan badan ad hoc yang berfungsi sebagai wahana untuk menyinergiskan
tugas pokok dan fungsi setiap instasi penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan dalam rangka menganalisi permasalahan,
menjembatani, menemukan solusi, serta meningkatkan kualitas pelayanan, dan bukan sebagai aparat penegak hukum.

Forum lalu Lintas dan Angkutan jalan tersebutmempunyai tugas melakukan koordinasi antarinstansi penyelenggara yang memerlukan
keterpaduan dalam merencanakan dan menyelesaikan masalah lalu lintas dan angkutan jalan, sedangkan keanggotaan forum
tersebut terdiri atas unsur pembina, penyelenggara, akademisi, dan masyarakat.”

Namun apakah kita perlu menunggu forum itu ada? dan terlambat menyuarakan apa yang ingin disampaikan?


sumber : http://partyc.web.id/?p=75
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user

PengirimMessage
radenmasmoko



Jumlah posting : 1
Join date : 12.11.11
Age : 35
Lokasi : Purbalingga, Jateng

PostSubyek: Re: Bagaimana Keberadaan Vespa Di Mata Undang-Undang NO 22 Tahun 2009   Sat 12 Nov 2011, 8:45 pm

kalo pengen tetep sesuai aturan yang ada, vespa yang ada sespannya disesuaikan dengan STNK-BPKB dong? waduh, maklum ane newbie nih....akang2 n agan2 yang banyak pengalaman, tolong dong kasih tau biar vespa yang udah terlanjur dikasih sespan g ditilang polkis...tks sblmnya
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
assa issin

avatar

Jumlah posting : 2
Join date : 19.12.11
Age : 35
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Bagaimana Keberadaan Vespa Di Mata Undang-Undang NO 22 Tahun 2009   Mon 19 Dec 2011, 11:58 pm

vinic & vespa wrote:
Intinya vespa yg dimaksud adalah kendaraan antik
yaitu classic vehicle, makanya harus ada koordinasi dgn lantas setempat
ajukan aja term of contract dgn pihak berwajib
buktikan bahwa kita pecinta vespa
ingin melestarikan vespa, tidak melanggar peraturan lalu lintas
sopan di jalan dan safety riding
intinya kita tidak mengganggu kelancaran berlalu lintas
kalau kita ada club, manfaatkan keberadaan club
jalin kerja sama dgn pihak yg berwenang
mudah2an club anda dapat menjamin anggotanya
saya selalu berpikir positif dan yakin ada solusinya
semoga vespa selalu bisa di terima keberadaannya sampai kapanpun
ada penda Tepuk Tangan pat lain? Silakan..
setuju saya dngn kutipan abang,, [b]
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Bagaimana Keberadaan Vespa Di Mata Undang-Undang NO 22 Tahun 2009   

Kembali Ke Atas Go down
 
Bagaimana Keberadaan Vespa Di Mata Undang-Undang NO 22 Tahun 2009
Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 2Pilih halaman : Previous  1, 2

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FORUM VESPA MAKER :: DISKUSI :: Tip & Trik-
Navigasi: