FORUM VESPA MAKER


 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
August 2018
MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
CalendarCalendar
Latest topics
» masalah vespa ane
Wed 25 Jul 2018, 6:48 pm by Ahmad hanif

» spuyer karbu excel 20-20
Tue 24 Jul 2018, 5:27 am by Ahmad hanif

» ditarik kopling tetep jalan
Mon 23 Jul 2018, 8:25 pm by Ahmad hanif

» kopling bunyi ngorosok saat di lepas
Mon 23 Jul 2018, 8:20 pm by Ahmad hanif

» pencerahan
Mon 23 Jul 2018, 8:12 pm by Ahmad hanif

» cara nerangin lampu PS tanpa ganti bohlam
Sun 19 Jan 2014, 9:23 pm by alkoholic

» [tanya] modif PX150s rasa new PX150
Sat 22 Jun 2013, 3:06 pm by herutj

» KAOS-KAOS-KAOS !!!
Wed 29 May 2013, 8:19 pm by barie_ahmad

» Merawat Busi
Wed 29 May 2013, 8:01 pm by barie_ahmad

Pesan Singkat
Forum

Share | 
 

 spuyer karbu excel 20-20

Go down 
PengirimMessage
chepy bluevess



Jumlah posting : 3
Join date : 15.03.13

PostSubyek: spuyer karbu excel 20-20   Fri 15 Mar 2013, 1:17 am

mlm akang akang scooteris
saya mau nanya vespa saya p150s 82 pake karbu excel ..
blok msh lubang 2 oz 8m
prtanyaannya knapa kalo d geber trus oper gigi ngempos di tarikan awalnya ??

apa pengaruh spuyer yg terlalu hemat ?
cocok'y pake spuyer ukuran berapa ya ? yang ga ngempos plus ga boros
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Ahmad hanif

avatar

Jumlah posting : 5
Join date : 23.07.18
Lokasi : Bekasi Timur

PostSubyek: Re: spuyer karbu excel 20-20   Tue 24 Jul 2018, 5:27 am

Gejala itu karena angka spuyer main jet & slow jetnya terlalu kecil atau settingan angin (idle jet screw mixture) terlalu irit. Bahaya gan seher bisa macet kalau dipaksa ngebut lama.
Sekalian aja cleaning karburator sampai bersih.
Dan ingat !!! Setting angin (idle jet) harus pas.  Harus pakarnya nih.

Spuyer karburator saya kembalikan ke angka standar lihat buku pedoman perbaikan DANMOTOR Vespa:

Karbu saya Spaco SI 20/20D tutup dexel putih.
Slow jet 48/160
Main jet 102
Air corrector 160
Mixer tube(atomizer) BE 3
Idle jet screw mixture 1,5 keluar (setingan angin)
Idlling speed 1900 Rpm (putaran langsam)

Kalau Excel 150 dell orto SI20/20D :
Slow jet 42/140
Main jet 100
Mixer/atomizer BE 5
Air corrector 150

Kalau Excel 200 dell orto SI24/24E
Slow jet 55/160
Main jet 116
Mixer BE 5
Air corrector 160

Penjelasan mixer tube(atomizer) :
BE 3 = irit di low, perfect di medium, boros di high RPM (Better nih buat spek vespa kantoran)
BE 5 = perfect di low dan medium, rada irit di high RPM
E1 = sedikit perfect di low, perfect di medium dan high RPM

Perfect = rasio campuran bbm dan udara sempurna 1 : 14,7

Sangat sempurna nih kalau pakai konfigurasi terakhir (coba2) :
Karburator SI 20/20D
Slow jet 50/160
Main jet 102
Air corrector 150
Mixer tube(atomizer) E1

Data2 penjelasan mixer/atomizer dan variasi spuyer terakhir saya copas dari forum grup vespa negara pizza yang sudah uji coba di lab. Sudah saya buktiin sempurna untuk konfigurasi yg terakhir. Itu karena angka slow jet lebih besar. Respon gas cepet.
Tapi kalau buat kantoran pakai spek standar aja irit.

Spuyer bawaan pabrik udah irit dan punya akselerasi bagus.

Perlu diketahui :
Nomor main jet adalah spek ukuran lubang main jet. Kenyataannya kurang besar dari angka itu. Misal tertulis main jet 100, kenyataannya bisa 98 atau 95. Nah diakalin pakai angka diatasnya aja misal 105.
Sebenarnya ada alatnya namanya filler main jet.

Salah satu penyebab mesin 'ngejim' sebenarnya karena settingan angin(IDLE JET) yg KEIRITAN . Idle jet memperlebar range dari main jet. Sayangilah seher & boring anda.

Idle jet keiritan = saat tutup gas, banyak "teng..teng..teng..teng" dan rasanya nyundul2 (nggak enak banget broo). Kalau gas poll setelah itu tutup gas, RPM masih tinggi & pasti lama turunnya. Starting dipagi hari sulit hidup.

Idle jet tepat = saat tutup gas "teng..teng..teng..teng" HILANG !!! seperti pakai REED VALVE broo. Dan memang seharusnya motor 2 tak gitu. Lepas gas suara knalpot hilang. Sangat halus. Kalau gas poll setelah itu tutup gas, RPM  pasti langsung turun cepat ke putaran idle nya. Starting dipagi hari mudah.

Idle jet keborosan = saat tutup gas memang hilang suaranya, tapi pembakaran terlalu kaya(boros), busi gampang basah jika dibawa RPM rendah agak lama. Asap tentu jadi nambah banyak. Mesin agak brebet (sputtering), apalagi main jet dibesarin, nambah brebet nggak karuan. Starting dipagi hari sangat mudah.

Setting angin bukan berarti angin yg di setel. Ini pemahaman yg keliru. Sebenarnya 'flow' BBM yg disetel. Sampai didapat rasio campuran bbm dan udara yg tepat. Yg disetting adalah idle jet.

Salah satu kasus busi basah jika dibawa RPM rendah itu karena ANGKA SLOW JET terlalu BESAR. Udah ikutin aja spek data diatas. Itu data spek standar DANMOTOR kok. Kalau 150cc maksimal slow jet 50/160, itupun RPM harus dijaga agak tinggi supaya busi nggak basah. Kalau ada slow jet yang di besarin lubangnya dijamin susah setting idle jetnya dan bakal ngaco, dikit2 mogok.

Mesin masih dingin butuh BBM banyak.
Mesin sudah panas butuh sedikit BBM.

Nah, sekarang tengok temen2 pakai spuyer nomor berapa, buruan hunting angka spuyer dengan panduan data diatas.

Note : Data berlaku untuk oversize 0 - 25. kalau udah 100 slow jet pakai 50/160.

Busi :
NGK T5999 (saya pakai ini, putaran mesin lebih halus, range rpm rendah - tinggi oke, busi selalu merah bata)
Champion L95YC untuk RPM rendah (low speed/dalam kota)
Champion L92YC untuk RPM tinggi (high speed/touring)

Jangan pakai busi kode R
R=Resistor (hambatan)
Beda kalau new px itu Champion RL82C, harus pake.

Pastikan pelampung oke.
Packing karbu oke (ganti baru aja semua)
Pastikan 2 mur karburator kencang dan packing rumah karbu tidak bocor (kalau bocor bisa terjadi 'angin palsu' bakal susah setting karbunya plus mesin belakang jadi kotor karena netes campuran bahan bakar).

Kalau lagi pasang filter karburator coba tengok bentuk 'hati/love' dibagian bawah. Itu harusnya nggak boleh tertutup. Di buang aja bentuk 'love' itu pakai bor 8 dan 5 mm. Atau kalau mau perfect bawa ke tukang bubut untuk coak bentuk 'love' itu dengan sempurna. Kenapa harus dilubangi ? Karena SLOW JET dan MAIN JET PERLU SUPPLY UDARA. Kalau tertutup tetep ngaco settingan udaranya. Itulah mengapa filter karbu new px sekarang berlubang bagian 'hati'nya. Setelah saya buang bagian ini konsumsi bbm jadi lebih irit dan mesin lebih smooth.

Kalau mau setting timming pengapian sekalian 18 derajat untuk excel 2 dan excel 150. Menurut saya sama untuk P150S.

Vespa P150S saya 1 liter bisa untuk 40 km. Saya baca di manual book vespa 1 tangki penuh daya jelajahnya bisa untuk 313 km. Keren kan?
Apalagi bang chepy masih pakai boring 2 lubang transfer, irit banget itu. Kalau udah ngikutin spek-spek  standar pabriknya nggak bakal busi hitam. Saya sudah buktikan spuyer standar dan oli samping ditakar akurat 2% (P150S saya belum ada Automatic Oil Mixer/AOM), vespa saya TANPA ASAP tuh & jangan takut seher macet jika oli samping/seher/boring anda berkualitas. Beli aja botol takaran oli samping.
Catatan buku service vespa new px sampai 60.000 km tidak menyebutkan ganti boring dan seher tuh...Keren

Penggunaan oli samping diatas 2% akan berdampak negatif pada mesin :
1. Busi hitam, sulit idle (langsam), umur busi pendek.
2. Pembakaran nggak sempurna.
3. Emisi gas buang tinggi, banyak asep kayak bakar sampah.
4. Port exhaust dan knalpot lama-kelamaan pasti mampet. Kalau udah mampet pasti knocking (ngelitik). Kalau udah ngelitik parah stang seher pasti kena (pengalaman saya waktu masih newbie).
5. Buang2 uang karena boros oli samping akhirnya harus bersih2 head + service knalpot yg mampet.

Jadi, sayang seher bukan gitu caranya ya !!
Kalau mau ngebut pakai vespa ngapain sih? Hehe..mending beli ninja.

Rekomendasi oli samping:
1. Motul 510 2T. (Gile makin lama motor makin enak bawanya pakai ini, tanpa asap, suara mesin sangat halus, busi kering)
2. Pertamina-Mesrania 2T OB SAE 30 (petunjuk dari manual book DANMOTOR VESPA pakai ini, asap tipis, suara mesin halus, busi kering)

Oli samping yg tidak direkomendasikan :
1. Oli orange. (wangi, banyak asap, suara mesin sangat sangat sangat kasar, merusak mesin dalam jangka lama)
2. Evalube. (banyak asap, suara mesin kasar, umur busi relatif singkat)
3. Shell VSX (tanpa asap, suara mesin kasar, didesain untuk high RPM)
4. Oli mesin 4 tak (suara mesin halus, meninggalkan sangat banyak deposit carbon, busi cepat mati)

Oli samping "didesain untuk terbakar", sebaliknya "oli mesin tidak terbakar". Soo jangan aneh2 yak! Engineer orang pinter & bikin sesuatu nggak ngasal kan? Penuh hitungan dan uji coba yg jlimet.

Sekali2 isi bensin asal italia shell regular RON 90 ada teknologi Dynaflex untuk jaga kebersihan keseluruhan sistem bahan bakar. Isi sedikit aja. Selesai ngisi, lakukan 'italian tune-up' dengan gaspol sekali2. Vespa 2 tak kompresinya 8,2 Maka yg cocok RON 82. Ada nggak? Yg ada malah RON 88 premium. Nah makanya sangat pas pakai premium karena angkanya mendekati. Cuma kelemahannya ada kandungan timbal.
Kalau dikasih pertamax RON 92 pengapiannya terlalu telat akibatnya busi hitam sudah pasti banyak sisa jelaga diruang bakar. Dan repotnya timming pengapian harus digeser lebih maju supaya tepat dan busi nggak hitam.
Meskipun tidak mengandung timbal tapi pembakaran nggak sempurna di vespa yg spek pengapiannya seperti diatas. Kecuali new PX wajib pakai pertamax yg dirancang lulus EURO 3. Beda broo.

Info tambahan :
Jangan sekali2 papas head = itu artinya menaikkan kompresi.
Motor 2 tak untuk raih tenaga justru kurangi kompresi biar RPM bisa tinggi dengan enteng sehingga Horse Power bisa tinggi.
Motor 4 tak untuk raih tenaga dengan menaikkan kompresi.
Kebalik kan?
Kompresi vespa P150X = 1 : 8,2.
Kompresi ninja R 150 = 1 : 6,8.
Itulah kenapa ninja bisa ringan mencapai putaran tinggi karena kompresinya tidak setinggi vespa yg karakter tenaganya di low-mid RPM.
Oh iya kompresi vespa super = 1 : 7,4.
Kalau AJI VAS youtube setting kompresi di 1 : 5,47 kalau nggak salah. Garapannya selalu top speed Mantap!

Motor 2 tak tidak perlu torsi, malah butuh horse power (high RPM). Makanya jangan papas head.

Kalau ada dana lebih ganti gigi kopling + gigi primer punya PS strada atau spartan karena rasionya sangat panjang. Top speed 110 km/jam. Lari 70 km/jam masih anteng gan. Speed tinggi nggak usah ngeden jadi luar biasa irit BBM, kalah mio. Kalau ada PS sehat yg ngeden di 80 km/jam mungkin gear setnya udah diganti gigi 21 (jangan sampe nih). Berbanggalah yg punya PS strada dan spartan.

Semoga infonya bermanfaat.

Salam kenal dari bekasi
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user Online
 
spuyer karbu excel 20-20
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FORUM VESPA MAKER :: DISKUSI :: Konsultasi-
Navigasi: