FORUM VESPA MAKER


 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
October 2018
MonTueWedThuFriSatSun
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031    
CalendarCalendar
Latest topics
» Karburator PX 20/20 di STRADA '87 ga bs di irit in?
Wed 15 Aug 2018, 10:33 am by Ahmad hanif

» BUSI SELALU MATI
Wed 15 Aug 2018, 10:19 am by Ahmad hanif

» Gmn biar my scooter larinya kenceng...
Wed 15 Aug 2018, 9:43 am by Ahmad hanif

» Salam Kenal dari bekasi
Wed 15 Aug 2018, 9:17 am by Ahmad hanif

» spuyer karbu excel 20-20
Tue 24 Jul 2018, 5:27 am by Ahmad hanif

» cara nerangin lampu PS tanpa ganti bohlam
Sun 19 Jan 2014, 9:23 pm by alkoholic

» pencerahan
Sat 16 Nov 2013, 12:08 pm by cleopatra74

» kopling bunyi ngorosok saat di lepas
Tue 03 Sep 2013, 8:36 pm by songgoten

» [tanya] modif PX150s rasa new PX150
Sat 22 Jun 2013, 3:06 pm by herutj

Pesan Singkat
Forum

Share | 
 

 spuyer karbu excel 20-20

Go down 
PengirimMessage
chepy bluevess



Jumlah posting : 3
Join date : 15.03.13

PostSubyek: spuyer karbu excel 20-20   Fri 15 Mar 2013, 1:17 am

mlm akang akang scooteris
saya mau nanya vespa saya p150s 82 pake karbu excel ..
blok msh lubang 2 oz 8m
prtanyaannya knapa kalo d geber trus oper gigi ngempos di tarikan awalnya ??

apa pengaruh spuyer yg terlalu hemat ?
cocok'y pake spuyer ukuran berapa ya ? yang ga ngempos plus ga boros
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Ahmad hanif

avatar

Jumlah posting : 6
Join date : 23.07.18
Lokasi : Bekasi Timur

PostSubyek: Re: spuyer karbu excel 20-20   Tue 24 Jul 2018, 5:27 am

Gejala itu karena angka spuyer main jet atau settingan angin (idle jet screw mixture) terlalu irit. Supply BBM kurang. Bahaya gan seher bisa macet kalau dipaksa ngebut lama.
Sekalian aja cleaning karburator sampai bersih. Ganti packing karbu semuanya kalau bongkar.
Dan ingat !!! Setting angin (idle jet) harus pas.  Harus pakarnya nih.

Spuyer karburator saya kembalikan ke angka standar lihat buku pedoman perbaikan DANMOTOR Vespa:

Karbu saya Spaco SI 20/20D tutup dexel putih.
Slow jet = 48/160 (berlubang atasnya)
Main jet = 102
Air corrector = 160
Mixer tube(atomizer/batang tengah)= BE 3
Idle jet screw mixture = 1,5 keluar (setingan angin)
Idlling speed = 1900 Rpm (putaran langsam)

Karbu New PX150 Spaco SI 20/20D.
Slow jet = 45/160
Main jet = 98
Air corrector = 150
Mixer tube(atomizer/batang tengah)= BE 5
Idle jet screw mixture = 1 3/4 keluar (setingan angin)
Idlling speed = 1900 Rpm (putaran langsam)

Kalau Excel 150 dell orto SI20/20D :
Slow jet = 42/140 (berlubang atasnya)
Main jet = 100
Mixer/atomizer = BE 5
Air corrector = 150

Kalau Excel 200 dell orto SI24/24E
Slow jet = 55/160 (berlubang atasnya)
Main jet = 116
Mixer = BE 5
Air corrector = 160

Note : Slow jet(pilot jet) ada yang berlubang, ada juga yg tidak. Jangan salah pasang !

Main jet untuk vespa 150cc max 110 & minimal 98.

Idle jet memperlebar range dari main jet.

Idle jet keiritan = saat tutup gas, banyak "teng..teng..teng..teng" dan rasanya nyundul2 (nggak enak banget broo). Kalau gas poll setelah itu tutup gas, RPM masih tinggi & lama turunnya. Starting dipagi hari sulit hidup. Gas poll lama mesin 'ngejim'. Sayangilah seher anda.

Idle jet tepat = saat tutup gas "teng..teng..teng..teng" HILANG !!! seperti pakai REED VALVE broo. Dan memang seharusnya motor 2 tak gitu. Lepas gas suara knalpot hilang. Sangat halus. Kalau gas poll setelah itu tutup gas, RPM langsung turun cepat ke putaran idle nya. Starting dipagi hari mudah.

Idle jet keborosan = sulit langsam,  pembakaran terlalu kaya(boros), busi gampang basah jika dibawa RPM rendah agak lama. Asap tentu jadi nambah banyak. Starting dipagi hari sangat mudah.

Setting angin bukan berarti angin yg di setel. Ini pemahaman yg keliru. Sebenarnya 'flow' BBM yg disetel. Sampai didapat rasio campuran BBM dan udara yg tepat 1 : 14,7. Yg disetting adalah idle jet.

Khusus PX, PS, Excel :
Kalau lagi pasang filter karburator coba tengok bentuk 'hati/love' dibagian bawah. Itu harusnya nggak boleh tertutup. Di buang aja bentuk 'love' itu pakai bor 8 dan 5 mm. Atau kalau mau perfect bawa ke tukang bubut untuk coak bentuk 'love' itu dengan sempurna. Kenapa harus dilubangi ? Karena SLOW JET dan MAIN JET PERLU SUPPLY UDARA. Kalau tertutup tetep ngaco settingan udaranya. Itulah mengapa filter karbu new px sekarang berlubang bagian 'hati'nya. Setelah saya buang bagian ini konsumsi bbm jadi lebih irit dan mesin lebih smooth.

Vespa P150S saya 1 liter bisa untuk 40 km luar kota. Saya baca di manual book vespa excel 150 1 tangki penuh daya jelajahnya bisa untuk 313 km. Keren kan? Apalagi bang chepy masih pakai boring 2 lubang transfer, irit banget itu.

Semoga infonya bermanfaat.

Salam kenal dari bekasi
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
spuyer karbu excel 20-20
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FORUM VESPA MAKER :: DISKUSI :: Konsultasi-
Navigasi: