FORUM VESPA MAKER


 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
August 2018
MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
CalendarCalendar
Latest topics
» tulung...vespa saya punya be2rapa problem..!!!
Wed 15 Aug 2018, 1:29 pm by Ahmad hanif

» Karburator PX 20/20 di STRADA '87 ga bs di irit in?
Wed 15 Aug 2018, 10:33 am by Ahmad hanif

» BUSI SELALU MATI
Wed 15 Aug 2018, 10:19 am by Ahmad hanif

» Gmn biar my scooter larinya kenceng...
Wed 15 Aug 2018, 9:43 am by Ahmad hanif

» Salam Kenal dari bekasi
Wed 15 Aug 2018, 9:17 am by Ahmad hanif

» masalah vespa ane
Wed 25 Jul 2018, 6:48 pm by Ahmad hanif

» spuyer karbu excel 20-20
Tue 24 Jul 2018, 5:27 am by Ahmad hanif

» ditarik kopling tetep jalan
Mon 23 Jul 2018, 8:25 pm by Ahmad hanif

» kopling bunyi ngorosok saat di lepas
Mon 23 Jul 2018, 8:20 pm by Ahmad hanif

Pesan Singkat
Forum

Share | 
 

 BUSI SELALU MATI

Go down 
PengirimMessage
Trianto Agung Wibowo



Jumlah posting : 1
Join date : 17.07.12
Lokasi : Bandung

PostSubyek: BUSI SELALU MATI   Tue 17 Jul 2012, 4:06 pm

Tolong infonya untuk Vespa PX150 tahun 81.
Gendala pada motor saya, mesin dan system pengapian dalam kondisi ok, bahkan dalam kondisi touring tidak terdapat hambatan.

Namun yang ingin saya tanyakan kenapa BUSI motor saya terkategori cepat mati. Gejala mati BUSI yang dialami, diawali bunyi ledakan seperti kondisi platina kotor dan ternyata kondisi businya yang mati.

Dan mengalami BUSI mati justru pada saat kondisi jalan normal (jalan santai) atau tidak pada saat perjalanan touring atau kondisi speed motor maksimal

Mengalami busi mati bisa dihitung dalam satu bulan 3 kali mengalami mati BUSI.

Jenis busi yang sering saya gunakan, busi drat banyak (busi panjang)

Demikian terimakasih
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Willy yustiawan

avatar

Jumlah posting : 19
Join date : 28.01.11
Age : 42
Lokasi : cianjur,jawa barat

PostSubyek: Re: BUSI SELALU MATI   Wed 01 Aug 2012, 12:00 am

kondisi koil nya gimana gan..?.. trus coba di cek setting karbu nya..biasana kebanyakan bensin...pan klo touring pasti jalannya ga santai..maaf mdah"an mmbantu.. Malu
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Ahmad hanif

avatar

Jumlah posting : 11
Join date : 23.07.18
Lokasi : Bekasi Timur

PostSubyek: Re: BUSI SELALU MATI   Wed 15 Aug 2018, 10:19 am

Trianto Agung Wibowo wrote:
Tolong infonya untuk Vespa PX150 tahun 81.
Gendala pada motor saya, mesin dan system pengapian dalam kondisi ok, bahkan dalam kondisi touring tidak terdapat hambatan.

Namun yang ingin saya tanyakan kenapa BUSI motor saya terkategori cepat mati. Gejala mati BUSI yang dialami, diawali bunyi ledakan seperti kondisi platina kotor dan ternyata kondisi businya yang mati.

Dan mengalami BUSI mati justru pada saat kondisi jalan normal (jalan santai) atau tidak pada saat perjalanan touring atau kondisi speed motor maksimal

Mengalami busi mati bisa dihitung dalam satu bulan 3 kali mengalami mati BUSI.

Jenis busi yang sering saya gunakan, busi drat banyak (busi panjang)

Demikian terimakasih


Betul perkiraan bang Willy. Bensin kebanyakan itu disebabkan :
1. Settingan idle jet (setingan angin) terlalu boros. Minta tolong mekanik yg ahli karburator biar presisi.

2. Angka Slow jet(pilot jet) terlalu besar. Ganti ke standarnya. Yakin irit, busi merah bata.
Spek standar karbu P150X = SI20/20D
-Slow jet = 48/160 (berlubang)
-Main jet = 102
-Air corrector = 160
-Mixer(atomizer) = BE 3
Note : Jangan salah pasang !!! Slow jet ada yg berlubang, ada juga yg tidak.

Pengapian :
a. Cek sambungan kabel dari sepul, koil sampai ke busi .Perlu dicek sepulnya. Kalau mulai gosong siap2 mati.
b. Busi coba pakai NGK T6000. Sudah terbukti durable.
c. Ganti cangklong busi mungkin udah umurnya.
d. Pelat magnet didalam kipas rusak. Ini jarang terjadi. Tapi coba cek. Saya pernah mengalami gara2 ini busi selalu hitam kering padahal yg lain bagus.

Oli samping :
Takaran harus 2%. lebih dari itu busi cepat hitam kering. Beli botol takaran oli sampingnya sekalian biar presisi campurannya. Jangan gunakan oli samping :
-Oli orange.
-Evalube.
-Oli mesin 4 tak.

Saran saya untuk touring jangan utak utik karbu. Cukup angka spuyer standar bawaan tapi oli samping rubah takarannya jadi 2,5%. Busi standar ganti busi dingin.

Contoh Busi dingin :
NGK BP8HS
Champion L92YC
Busi dingin didesain untuk mesin panas. Biasa rpm tinggi.
Kalau mesin panas pakai busi panas = ngejim.

Salkem dari bekasi
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: BUSI SELALU MATI   

Kembali Ke Atas Go down
 
BUSI SELALU MATI
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FORUM VESPA MAKER :: DISKUSI :: Konsultasi-
Navigasi: