FORUM VESPA MAKER


 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
December 2018
MonTueWedThuFriSatSun
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
CalendarCalendar
Latest topics
» Karburator PX 20/20 di STRADA '87 ga bs di irit in?
Wed 15 Aug 2018, 10:33 am by Ahmad hanif

» BUSI SELALU MATI
Wed 15 Aug 2018, 10:19 am by Ahmad hanif

» Gmn biar my scooter larinya kenceng...
Wed 15 Aug 2018, 9:43 am by Ahmad hanif

» Salam Kenal dari bekasi
Wed 15 Aug 2018, 9:17 am by Ahmad hanif

» spuyer karbu excel 20-20
Tue 24 Jul 2018, 5:27 am by Ahmad hanif

» cara nerangin lampu PS tanpa ganti bohlam
Sun 19 Jan 2014, 9:23 pm by alkoholic

» pencerahan
Sat 16 Nov 2013, 12:08 pm by cleopatra74

» kopling bunyi ngorosok saat di lepas
Tue 03 Sep 2013, 8:36 pm by songgoten

» [tanya] modif PX150s rasa new PX150
Sat 22 Jun 2013, 3:06 pm by herutj

Pesan Singkat
Forum

Share | 
 

 Gmn biar my scooter larinya kenceng...

Go down 
PengirimMessage
azie

avatar

Jumlah posting : 5
Join date : 23.03.10
Age : 34
Lokasi : Garut

PostSubyek: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Fri 28 May 2010, 6:44 pm

Ass.. kang gmn ya biar scooter aq larinya kenceng... udah lumayan sih tp mrasa kurang puas..
aq pake spuyer 92/160
trus stelan plati yg baik gmn???

terima kasih atas masukannya.....
Tolong Sekali
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Ocy

avatar

Jumlah posting : 95
Join date : 19.12.09
Age : 42
Lokasi : Medan

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Sun 30 May 2010, 11:50 am

wah kalo urusan kuenceng harus master forum ni yang jawab Sempurna
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
onix

avatar

Jumlah posting : 151
Join date : 07.12.09
Age : 47
Lokasi : Ciladak Timur, Jl. PAM No. 16G

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Thu 24 Jun 2010, 4:13 pm

azie wrote:
Ass.. kang gmn ya biar scooter aq larinya kenceng... udah lumayan sih tp mrasa kurang puas..
aq pake spuyer 92/160
trus stelan plati yg baik gmn???

terima kasih atas masukannya.....
Tolong Sekali

1. jenis vespanya apa bro?
2. masih standard apa sudah di korek?

biar ada gambaran buat semuanya
salam
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.vespamaker.co.cc
vinic & vespa

avatar

Jumlah posting : 203
Join date : 09.12.09
Lokasi : Ternate

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Sat 26 Jun 2010, 9:37 am

Nunggu pencerahan aja Sempurna
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://gamalamaartscooter.blogspot.com
azie

avatar

Jumlah posting : 5
Join date : 23.03.10
Age : 34
Lokasi : Garut

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Wed 30 Jun 2010, 6:28 pm

aq pke p150s th 81. msh standar sih bang.... Tutup Hidung
tapi larinya terasa kurang puas gt.. msh kalah sama smash...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
super.77

avatar

Jumlah posting : 10
Join date : 04.07.10
Lokasi : bekasi-barat

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Sun 04 Jul 2010, 2:04 pm

izin pantaw anak baru
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
andalusia

avatar

Jumlah posting : 15
Join date : 03.05.10
Age : 42
Lokasi : kuningan ja-bar

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Mon 05 Jul 2010, 11:26 pm

monitor...'
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
amburadulz

avatar

Jumlah posting : 6
Join date : 09.07.10
Age : 32
Lokasi : Jakarta Raya

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Fri 09 Jul 2010, 8:03 am

monitoring ah.. Pede
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user https://facebook.com/hadymaggot
CokoR

avatar

Jumlah posting : 4
Join date : 31.07.10
Age : 38
Lokasi : Paris van Java

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Tue 17 Aug 2010, 10:03 pm



Pasang perangkat blok seher racing Sempurna Sempurna Sempurna


Klo standaran mah bore up dikit, papas kop, knalpot racing, karbu spartan, papas krukas, seting gearbox Ancam Ancam Ancam Ancam
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
aditpwt

avatar

Jumlah posting : 9
Join date : 03.11.10

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Sat 06 Nov 2010, 1:07 pm

CokoR wrote:


Pasang perangkat blok seher racing Sempurna Sempurna Sempurna


Klo standaran mah bore up dikit, papas kop, knalpot racing, karbu spartan, papas krukas, seting gearbox Ancam Ancam Ancam Ancam


sori bro penjelasan detailnya bso,,
kruk as bagian mana bro yang di papas ma gerbox gmn bro,,

di tunggu ....thanks...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Kabut Salju

avatar

Jumlah posting : 4
Join date : 10.01.11
Age : 42
Lokasi : Tangerang

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Tue 11 Jan 2011, 9:26 am

Ijin nyimak.......











" Kabut Salju.....(kendaraan butut asal maju)"


Terakhir diubah oleh Kabut Salju tanggal Thu 03 Jul 2014, 3:52 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
gompal

avatar

Jumlah posting : 47
Join date : 14.06.10
Age : 39
Lokasi : Cilendek Timur Bogor

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Fri 28 Jan 2011, 8:43 pm

hati-hati jangan kenceng2 ah... (bilih geubis).. Peace
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Willy yustiawan

avatar

Jumlah posting : 19
Join date : 28.01.11
Age : 43
Lokasi : cianjur,jawa barat

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Fri 28 Jan 2011, 10:40 pm

ngiring bingah ah...eh..ijin telaah..... Mencari
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
yona.px84

avatar

Jumlah posting : 45
Join date : 16.02.11
Lokasi : JABAR

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Mon 04 Jul 2011, 4:11 pm

Ngiring nongkrong sugan kacipratan kwkwkwkwkw...

Kacipratan elmuna kitu... Sempurna
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
vesparadoz

avatar

Jumlah posting : 2
Join date : 04.10.10
Lokasi : SURABAYA

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Wed 10 Aug 2011, 11:27 pm

trik baru neh, coba main di pengapian( besar api yang dihasilkan dan derajat pengapian )....logikanya semakin bagus pengapian maka hasil pembakaran semakin baik seiring itu kompresi yang dihasilkan semakin besar dan semakin sedikit uap yang ga terbakar..ujung-ujungnya tenaga bertambah...(dengan catatan tidak ada kebocoran kompresi dan kondisi mekanik mesin ok)....






menjadi cepat itu biasa tetapi menjadi sabar itu baru luar biasa......
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
gendoen



Jumlah posting : 10
Join date : 03.10.11
Lokasi : jogjakarta

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Thu 06 Oct 2011, 12:53 pm

new member..
ijin pantau....
sekalian tanya kalau untuk exel 200cc gimana om untuk setelannya...
Berfikir Berfikir
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Ahmad hanif

avatar

Jumlah posting : 6
Join date : 23.07.18
Lokasi : Bekasi Timur

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Wed 15 Aug 2018, 8:51 am

azie wrote:
Ass.. kang gmn ya biar scooter aq larinya kenceng... udah lumayan sih tp mrasa kurang puas..
aq pake spuyer 92/160
trus stelan plati yg baik gmn???

terima kasih atas masukannya.....
[smiley]https://imgfast.net/users/1911/11/95/45/smiles/111436.gif[/smiley]

Main jet 92 kurang besar. Bukan standarnya, di iritin itu, kasihan sehernya bang Azie. Ganti ke standarnya.

#Pelumasan terpisah dengan AOM (Automatic Oil Mixer) bisa diiritin main jetnya.
#Pelumasan tanpa AOM hanya mengandalkan (campuran oli samping ditanki BBM lewat) main jet & slow jet. Artinya main jet kecil pelumasan juga sedikit. Awal kerusakan seher + boring.

Spek Karbu standar SI20/20D :
Main jet = 102
Air corrector = 160
Mixer(atomizer)= BE 3
Slow jet(pilot jet) = 48/160
Setingan angin/idle jet screw mixture = 1,5 putaran keluar. Berbeda untuk karbu yang sudah lama.
Karbu spek standar punya akselerasi bagus + irit, putaran mesin halus, tidak brebet. Gigi 1 cukup mudah mencapai 30 km/jam, gigi 2 bisa 45 km/jam (saya tes pakai akurasi GPS bukan speedometer motor). Akselerasi sprintnya nggak kalah koq sama matic. Jadi saran saya jangan di iritin atau di borosin. Yakin puas banget pakai spuyer standar, kenceng bro !!. Dulu sebelumnya spuyer2 karbu saya kacau nggak standar. Kadang2 susah langsam atau suka ngejim.

Spek standar karbu new PX150 SI20/20D :
Main jet = 98 (ngejar EURO 3 tapi knalpotnya standar dengan catalyc converter)
Air corrector = 150
Mixer(atomizer) = BE 5
Slow jet(pilot jet) = 45/160.

Konfigurasi diatas adalah spek spuyer standar..Jika ingin respon gas yg sangat bagus ganti slow jet punya spartan
slow jet = 55/160
Efeknya akselerasi sangat bagus.
Mesin lebih awet untuk jangka panjang.
Minusnya agak boros sedikit.
Bisa diaplikasikan untuk touring.
Dijamin tidak mungkin ngejim (syarat main jet min = 100).

Idle jet screw (setingan angin) memperlebar range dari main jet. Efeknya nafas lebih panjang jika setingan tepat.
*Idle jet screw keiritan = busi agak putih kepanasan. Mudah 'ngejim'. Gas poll lalu tutup gas rpm lama turun. Tenaga rpm bawah berat. Starting dipagi hari sulit. Top speed kurang.
*Idle jet screw tepat = busi merah bata, gas poll lalu tutup gas rpm turun dengan sempurna dan halus seperti pakai reed valve. Tenaga rpm bawah & respon gas bagus. Starting dipagi hari mudah.
*Idle jet screw keborosan = busi hitam basah. Sulit langsam. Rpm bawah brebet. Starting dipagi hari sangat mudah. Mesin dingin putaran langsam normal, setelah panas drop. Asap sedikit lebih banyak.

Kasus main jet terlalu besar (dari limitnya) karbu SI spaco/dell orto:
1. Brebet/4 stroking/sputtering di low RPM.
2. Idle jet(setingan angin) akan terpengaruh menjadi irit/kurus padahal idle jet sudah tepat. Intinya pakai main jet diatas angka limitnya akan bikin ngaco idle jet.
3. Gas poll lalu tutup gas, langsam masih tinggi. Sama seperti kasus idle jet keiritan.
4. Akselerasi sangat berat. Efek 4stroking/sputtering/brebet. Pembakaran tdk sempurna di rpm low - mid. Asap banyak saat akselerasi.

Limit main jet untuk vespa 150cc min 98 dan max 110.

Semua angka spuyer ada limitnya, jadi nggak sembarang ganti.

Swap karbu :
1. Bisa pakai karbu SI24/24E atau SI26/26E.
2. Pasang reed valve + karbu PWK.
Butuh tangan berpengalaman.

Pengapian :
Kalau saran saya ganti CDI aja, platina kurang presisi pengapiannya. Susah top speed. Kalau CDI  busi hitam aja bisa hidup.
-Set di 18 derajat untuk top speed (IT).
-Set di 21 derajat untuk akselerasi (A).
Kalau mentok kekiri lewatin titik (A) mesin mudah terbalik putarannya apalagi api busi kuat. Jalan mundur.
Tinggal pilih mau yang mana. Dijamin putaran mesin halus dan bisa teriak lebih tinggi dibanding platina.
Koil bisa pakai merek BGM yg diciptakan tanpa limiter buat yang mau balapan. Koil BGM itu sudah ada CDI nya.
Atau pasang CDI yang ori DANMOTOR jangan KW.

Ada yg gunakan pengapian rx king = fly wheel kipas diganti magnet rx king tanpa kipas. Pengapian lebih baik tetapi mesin cenderung jadi mudah overheat nggak dapet pendinginan. Ini bukan untuk harian.

Lebih baik lagi pakai pengapian set S.I.P / Polini / Malossi italy

Busi :
NGK T5999 / NGK T6000 = terbukti durable. Putaran mesin halus. Range low-mid-high bagus. Karakter stop & go. Busi selalu merah bata.

Jangan pakai busi kode R !
R = tahanan/hambatan. Percikan kecil.
Beda kalau new PX RL82C harus pake.

Knalpot :
Racing = top speed bagus tapi akselerasi kurang.
Standar = akselerasi bagus tapi top speed kurang.

Ban untuk PS :
Ring 8 = akselerasi
Ring 10 = top speed

Gear box :
1. Akselerasi = ganti gear set primer 21/68 (excel)
2. Top speed = ganti gear set 23/65 (spartan) atau 23/66 (strada). Sangat disarankan pakai gear set spartan.

Kalau bang Azie strada mending nggak usah ganti. Saya aja bangga pakai strada karena rasio giginya sangat panjang. Jalan 70 km/jam masih santai.

Blok cylinder :
1. Pakai 3 lubang transfer.
2. Blok set Polini 177 cc.
3. Blok set Malossi 210 cc.

Oli samping :
1. Motul 510 2T (dijamin bisa tersenyum lebar pakai ini, licin buat seher/piston, tanpa asap, performa makin membaik)
2. Eni i ride 2T.
3. Mesrania 2T OB SAE 30 (untuk vespa AOM)
4. Mesran super 2T (no AOM)
5. Pertamina Enviro 2T

Takaran 2-4%. Pakai aja khusus botol takar olsam.
Penggunaan olsam diatas 4% berdampak buruk bagi mesin :
1. Banyak deposit carbon tidak terbakar dan tertinggal di head & kepala seher.
2. Lama kelamaan knalpot mudah mampet. Terutama bagi yang menggunakan knalpot racing murahan (pengalaman pribadi).
3. Buang2 uang karena boros olsam.
4. Busi hitam jika dibawa RPM rendah lama, akhirnya sulit langsam.
5. Emisi gas buang sangat tinggi, sangat banyak asap.

Penggunaan takaran olsam tepat :
1. Tanpa asap.
2. Ruang bakar, knalpot, & busi bersih.
3. Emisi gas buang bagus.
4. Tenaga bagus. Putaran mesin halus.
5. Servis jadi lebih jarang/lama.

NB :
-Motul 510 2T takaran 2%
-Selain motul 510 2T takaran harus ditambah max 4% jika gas poll lama/touring.
-Untuk harian cukup 2% low-mid rpm.
-Standar takaran olsam vespa 2%.


Bahan Bakar :
Gunakan bbm tanpa timbal/unleaded untuk menghindari carbon deposit diruang bakar dan knalpot.
1. Shell Regular RON 90 unleaded
2. Pertamax RON 92 unleaded
2. Pertalite RON 90 agak mendingan meski bukan unleaded.

Kenapa harus unleaded/tanpa timbal (Pb) ?
Karena pembakarannya meninggalkan jelaga/deposit carbon akibat timbal tadi. Lama2 menumpuk.

Info tambahan :
Jangan sekali2 papas head = itu artinya menaikkan kompresi.
Motor 2 tak untuk raih tenaga justru kurangi kompresi biar RPM bisa tinggi dengan enteng sehingga Horse Power bisa tinggi.
Motor 4 tak untuk raih tenaga dengan menaikkan kompresi. Karena yg di incar Torsi.
Terbalik kan?
Kompresi vespa P150X = 1 : 8,2.
Kompresi ninja R 150 = 1 : 6,8.
Itulah kenapa ninja bisa enteng & renyah mencapai putaran tinggi karena kompresinya tidak setinggi vespa yg karakter tenaganya di low-mid RPM.
Oh iya kompresi vespa super = 1 : 7,4. Makanya enak bawanya.

Motor 2 tak tidak perlu torsi, malah butuh horse power (high RPM). Itu pernyataan pembalap M. Fadli yang seting kurva tenaga kayak gitu di Exclusive 2 miliknya. Makanya jangan papas head karena kompresi vespa sudah lumayan tinggi untuk seukuran motor 2 tak.

Kalau ngeyel papas head efeknya :
1. Squish berubah. Torsi low-mid naik. Tapi nggak kuat RPM tinggi (horse power turun). Ini mah udah kayak truck. Vespa kan motor? 2 tak lagi.  Beda gayanya.
2. Timming pengapian harus diatur ulang dibikin lebih telat. Artinya lubang baut napur dipanjangin nggak tau seberapa hitungannya.
3. Jika tidak atur timming pengapian, stang seher jadi tumbal. Awal kerusakan mesin.
4. Mesin lebih panas dari biasanya. Sumber kerusakan mesin adalah panas yg berlebih. Sangat mudah ngejim. Seher & liner/boring mudah baret.

Kruk as :
Saran saya tidak perlu modifikasi. Justru cek celah rotary valve nya. Diatas 0,05mm pengisapan nyembur, boros bensin, & akselerasi lemot.
Papas kruk as = merubah derajat bukaan rotary valve sehingga bbm bisa lebih banyak dihisap. Ini untuk yang serius dan banyak uang.

Port Matching :
1. Diameter pengisapan harus sama diameternya dengan lubang ventury karburator. Hampir semua lubang tersebut  cetakannya tdk presisi ada gap.
2. Jika lubang pengisapan lebih kecil dari karburator = flow udara+bbm terhambat/tertabrak oleh dinding penghisapan. Flow jadi berantakan alias tidak smooth.
3. Alat = gerinda tuner

Polishing :
Poles port inlet, exhaust & head dengan gerinda tuner. Jangan sampai merubah lebar port & squish !! Cukup menghaluskan permukaan saja.

Kalau cuma running dijalan raya tidak perlu bore up. Bore up bagi yang serius, karena luar biasa boros BBMnya. Jika motor untuk dipake harian, kalau bisa yg irit. Kalau boros lama-kelamaan agan mengeluh & akan pindah hati ke motor selain vespa. Lebih baik naik vespa. Naik vespa lebih baik.

Itulah point2 kenceng dengan mesin standar tapi bisa gas jengat2.

Kalau masih kurang puas kencengnya ya mending naik ninja aja. Vespa enaknya cuma buat jalan santai kok.

Semoga masukannya bermanfaat. Salam kenal dari bekasi.


Terakhir diubah oleh Ahmad hanif tanggal Thu 29 Nov 2018, 6:20 pm, total 128 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Ahmad hanif

avatar

Jumlah posting : 6
Join date : 23.07.18
Lokasi : Bekasi Timur

PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   Wed 15 Aug 2018, 9:43 am

gendoen wrote:
new member..
ijin pantau....
sekalian tanya kalau untuk exel 200cc gimana om untuk setelannya...
[smiley]https://imgfast.net/users/1911/11/95/45/smiles/890940.gif[/smiley]  [smiley]https://imgfast.net/users/1911/11/95/45/smiles/890940.gif[/smiley]

Spesifikasi standard excel 200

Cek liat spuyer karbunya masih standar belum ?
Karbu dell orto SI24/24E:
Slow jet 55/160
Main jet 116
Mixer BE 3
Air corrector 160
Settingan angin = minta tolong mekanik vespa aja biar presisi. Normalnya '1,5 putaran keluar' habis itu puter kekanan/kekiri(jangan mentok kekanan) sampai didapat putaran tertinggi.
Idling speed = 1900 RPM.

Pengapian tinggal pilih nih :
Set stator plate (sepul napur) di 'IT' untuk top speed (yang ini mesin lebih halus)
Set stator plate (sepul napur) di 'A' untuk akselerasi

Busi = NGK T6000

Oli samping :
1. Motul 510 2T (Licin banget ini buat seher)
2. Eni i ride.

Udah itu aja cuma tune up karburator + seting pengapian, Excel 200 udah sempurna sih.

Salam kenal dari bekasi
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Gmn biar my scooter larinya kenceng...   

Kembali Ke Atas Go down
 
Gmn biar my scooter larinya kenceng...
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FORUM VESPA MAKER :: DISKUSI :: Tip & Trik-
Navigasi: