FORUM VESPA MAKER


 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
August 2018
MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
CalendarCalendar
Latest topics
» tulung...vespa saya punya be2rapa problem..!!!
Wed 15 Aug 2018, 1:29 pm by Ahmad hanif

» Karburator PX 20/20 di STRADA '87 ga bs di irit in?
Wed 15 Aug 2018, 10:33 am by Ahmad hanif

» BUSI SELALU MATI
Wed 15 Aug 2018, 10:19 am by Ahmad hanif

» Gmn biar my scooter larinya kenceng...
Wed 15 Aug 2018, 9:43 am by Ahmad hanif

» Salam Kenal dari bekasi
Wed 15 Aug 2018, 9:17 am by Ahmad hanif

» masalah vespa ane
Wed 25 Jul 2018, 6:48 pm by Ahmad hanif

» spuyer karbu excel 20-20
Tue 24 Jul 2018, 5:27 am by Ahmad hanif

» ditarik kopling tetep jalan
Mon 23 Jul 2018, 8:25 pm by Ahmad hanif

» kopling bunyi ngorosok saat di lepas
Mon 23 Jul 2018, 8:20 pm by Ahmad hanif

Pesan Singkat
Forum

Share | 
 

 Karburator PX 20/20 di STRADA '87 ga bs di irit in?

Go down 
PengirimMessage
amburadulz

avatar

Jumlah posting : 6
Join date : 09.07.10
Age : 31
Lokasi : Jakarta Raya

PostSubyek: Karburator PX 20/20 di STRADA '87 ga bs di irit in?   Fri 09 Jul 2010, 8:22 am

Ass. bro & sist..
gw mw nanya nih. vespa gw STRADA'87 pke karb. PX 20/20..

awalnya si normal, tp stelah gw ganti blok western yg 5 transport + seher 3M + SITO

kLo gw pke pilot jet 55 (uda gw rojok/korek/apalah) trus main jet ukuran 95/160, baru jLn 1 KM vespa gw da batuk" trus mati. (dulu mah pake main jet yg 80 msh bs gejar jepang, hehe)

sekarang main jet nya gw pakein yg ukuran 115/160. tp boros eui..
radio dalem - joglo PP abs 1 lt. (itu kLo ga macet).
radio dalem - joglo - TMII - joglo = 5 lt. but dtanki msh sisa kira" 1/2 gelas aqua (sm muterin TMII 2 lap)


mohon pencerahannya ya, trims sbLmnya..
regards
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://facebook.com/hadymaggot
Willy yustiawan

avatar

Jumlah posting : 19
Join date : 28.01.11
Age : 42
Lokasi : cianjur,jawa barat

PostSubyek: Re: Karburator PX 20/20 di STRADA '87 ga bs di irit in?   Mon 31 Jan 2011, 10:11 am

maaf nih bukan sotoy ayam...hehe...kali aja bermanfaat...spek sm tuh ky vespa sy...vespa sy mah super 78...pake karbu PX 20/20..blok 5 port oversize 25 + sito... tp settingnya pilot jet 48 main jet 95/160 +filter....klo keluar kota pke main jet 100/160...
coba deh... Malu
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Ahmad hanif

avatar

Jumlah posting : 11
Join date : 23.07.18
Lokasi : Bekasi Timur

PostSubyek: Re: Karburator PX 20/20 di STRADA '87 ga bs di irit in?   Wed 15 Aug 2018, 10:33 am

amburadulz wrote:
Ass. bro & sist..
gw mw nanya nih. vespa gw STRADA'87 pke karb. PX 20/20..

awalnya si normal, tp stelah gw ganti blok western yg 5 transport + seher 3M + SITO

kLo gw pke pilot jet 55 (uda gw rojok/korek/apalah) trus main jet ukuran 95/160, baru jLn 1 KM vespa gw da batuk" trus mati. (dulu mah pake main jet yg 80 msh bs gejar jepang, hehe)

sekarang main jet nya gw pakein yg ukuran 115/160. tp boros eui..
radio dalem - joglo PP abs 1 lt. (itu kLo ga macet).
radio dalem - joglo - TMII - joglo = 5 lt. but dtanki msh sisa kira" 1/2 gelas aqua (sm muterin TMII 2 lap)

mohon pencerahannya ya, trims sbLmnya..
regards

Ikutan nimbrung lagi nambahin komen bang Willy.
Saya juga pakai blok 5 lubang tranfer tapi irit.
Masalah agan karena Pilot Jet(slow jet) di rojok/digedein. Itu kesalahan fatal. Slow jet 55/160 itu untuk excel 200cc udah boros banget buat 150cc, apalagi di gedein tambah nggak karuan.
Slow jet = untuk RPM rendah
Main jet = untuk RPM tinggi

Sesuatu yang besar2 tidak selalu bagus.

Slow jet(pilot jet) pakai = 50/160
Main jet kurangin pakai = 102 (limitnya 110, diatas itu pembakaran kurang optimal, akselerasi berat)
Air corrector ganti = 150
Mixer(atomizer) mau kenceng ganti = E1
Setting Idle jet (setingan angin) harus pas. Set 1,5 putaran keluar habis itu putar ke kanan/kiri sampai didapat putaran tertinggi (jangan sampai mentok kanan). Minta tolong seting sama yang ahli aja.
Cobain konfigurasinya. Irit dan kenceng tapi nggak brebet.

Spek standar karburator asli SI20/20D :
Slow jet(pilot jet) = 48/160
Main jet = 102
Air Corrector = 160
Mixer(atomizer) = BE 3

Penjelasan mixer tube(atomizer) :
BE 3 = irit di low, perfect di medium, boros di high RPM (Better nih buat spek vespa kantoran)
BE 5 = perfect di low dan medium, rada irit di high RPM
E1 = sedikit perfect di low, perfect di medium dan high RPM3
BE 2 = sangat irit di low, agak perfect di medium, sangat boros di high RPM
Perfect = rasio campuran bbm dan udara sempurna 1 : 14,7
Data itu saya copy dari forum grup vespa negeri Itali yang sudah uji coba di lab.

Penjelasan setingan angin/idle jet :
Idle jet memperlebar range dari main jet. Efeknya nafas lebih panjang.

Idle jet keiritan = saat tutup gas, banyak "teng..teng..teng..teng" dan rasanya nyundul2 (nggak enak banget). Kalau gas poll setelah itu tutup gas, RPM masih tinggi & lama turunnya. Starting dipagi hari sulit hidup. Gas poll lama mesin 'ngejim'.

Idle jet tepat = saat tutup gas "teng..teng..teng..teng" HILANG !!! seperti pakai reed valve. Dan memang seharusnya motor 2 tak gitu. Lepas gas suara knalpot hilang. Sangat halus. Kalau gas poll setelah itu tutup gas, RPM langsung turun cepat ke putaran idle nya. Starting dipagi hari mudah.

Idle jet keborosan = saat tutup gas memang hilang suaranya, tapi pembakaran terlalu kaya/boros, busi gampang basah kalau dibawa RPM rendah agak lama. Starting dipagi hari sangat mudah.

Kalau agan pasang filter karburator coba tengok bentuk 'hati/love' dibagian bawah. Itu harusnya nggak boleh tertutup. Di buang aja bentuk 'love' itu pakai bor 8 dan 5 mm. Atau kalau mau perfect bawa ke tukang bubut untuk coak bentuk 'love' itu dengan sempurna. Kenapa harus dilubangi ? Karena SLOW JET dan MAIN JET PERLU SUPPLY UDARA. Kalau tertutup tetep ngaco settingan udaranya. Itulah mengapa filter karbu new px sekarang berlubang bagian 'hati'nya. Setelah saya buang bagian ini konsumsi bbm jadi lebih irit dan mesin lebih smooth.

Pastikan kerja choke bagus. Overhaule karbu + cleaning + ganti packing karbu dan packing pengisapan. Beli 1 set packing karburator kit sudah include spuyer2. Saran saya pakai konfigurasi spuyer diatas.

Satu lagi : pengisapannya nyembur nggak?
Nyembur = buang2 bensin.

Salam kenal strada dari bekasi.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Karburator PX 20/20 di STRADA '87 ga bs di irit in?   

Kembali Ke Atas Go down
 
Karburator PX 20/20 di STRADA '87 ga bs di irit in?
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FORUM VESPA MAKER :: DISKUSI :: Tip & Trik-
Navigasi: